Hey Anak Rantau..!

H-1 Lebaran Haji atau Idul Adha 1438 H/2017 M.
Sepertinya ini akan jadi Lebaran Haji yang ke-6 yang aku lewatkan tanpa keluarga tercinta.
Yup, sekali lagi aku melewatinya di kota Padang tercinta dengan ibuk sekeluarga.
Hampir 5 tahun sudah aku disini, melewati hari dengan harapan dan harapan.
5 kali Lebaran Idul Fitri, 4 kali di kampung tercinta dan 1 kali di Lubuk Basung.
6 kali Lebaran Idul Adha yang Insyaallah bakal tetap di kota Padang.
Apakah tidak rindu untuk pulang ?
Tidak rindukah lebaran bersama keluarga ?
Hmmm... harusakah aku jawab “Iya” ataukah boleh aku jawab “Tidak”.
Seringkali aku menjawab “Tidak”.
Tidak, aku tidak rindu untuk pulang.
Aku rasa itu jawaban setiap perantau yang tidak bisa pulang, entah apapun alasannya.
Kalian fikir kami benar-benar tidak rindu untuk pulang ?
Kalian fikir kami semudah itu melupakan suasana keluarga ?
Memiliki keluarga yang tidak harmonis pun pasti akan kamu rindukan suasana keluarga.
Entah kah pernah atau hanya sekedar anganmu.
Kalian tahu kenapa kami berkata tidak ?
Ada alasan yang tidak ingin kami ungkapkan.
Ada hal yang sebaiknya cukup kami saja yang tahu.
Apa kalian tahu kenapa kami suka meremehkan orang yang “lemah” saat jauh dari keluarga ?
Orang yang selalu saja ingin pulang dan pulang.
Sebenarnya kami tidak meremehkannya.
Itu hanya penghibur hati kami, untuk menunjukkan kami itu kuat.
Sebenarnya kami cemburu, cemburu sekali malah
Kami cemburu karena tidak bisa seperti kalian yang bisa leluasa pulang dan pergi begitu saja.
Bisa berjumpa dengan keluarga kapanpun kalian mau.
Kalian fikir kami tidak ingin ?
Kalian fikir kami begitu mencintai negeri rantau ini ?
Seindah apa negeri rantau ini tanpa keluarga disisimu ?
Seperti sebuah lukisan yang sangat indah.
Indah tapi tidak nyata.
Hey anak rantau !
Jika kamu rindu maka pulanglah.
Jika tak bisa, sampaikan salam rindumu lewat angin lalu.

Komentar

Postingan Populer