Dulu VS Sekarang Part 1

1. Edisi Lebaran Haji 1438 H

Masih dalam Suasana Lebaran Haji, jadi kita bahas Lebaran Haji Dulu VS Sekarang.
Yuuk simak ceritanya gimana dulu dan sekarang !


Setiap kali Lebaran datang, kalo dulu aku nggak mau tau soal prepare lebaran. Apa-apa pasti mamah lah yah yang ngurusin. mulai dari belanja sampe acara masak memasak mamah semua yang ngurus. Biasanya kalo setiap lebaran tuh kita pasti bikin lontong gituh pake gulai opor ayam yang edisi spesial lebaran. Kalo bagian yang rebus lontong itu pasti papah, yang nyiapain ayam buat yang diopor jg pasti papah, mulai dari motong ayamnya trus direbus terus dikulitin. Kalo bikin gulainya yah mamah lah, entah gulai opor, gulai-gulai yang lain, agar-agar, atau apapun deh yang biasa kita bikin buat dimakan pas lebaran.

Terus akunya ngapain ? hayoo pasti nanya kan yah.. kalo aku sih biasany ajdi penonton setia ataupun jadi asisten papah mamah aja. kalo sama papah aku paling seneng bantuin nyabutin bulu ayam, nggak tau deh kenapa pokoknya suka aja. kalo pas sama mamah, hmmm gk jelas juga siih. Soalnya mamah suka ngomel-ngomel gitu, apalagi kalo kerjaan aku ada yang salah. Ya kalee mah aku bisa bener semuaa, manusia loh manusia,, bisa salah juga kan.

Nah, kalo abang sama adek aku jangan ditanya lah ya mereka ngapain. si adek bisa aja bantuin tapi nggak pasti juga apaan, sama lah kayak aku. Terus Kalo abang aku juga gitu siih,, tapi palngan dia pergi keluar. Kalo di rumah pun biasanya dia main gitar ngehibur kami-kami yang lagi kerja, cieelah.
Satu hal yang pasti, setiap kali mau lebaran kami selalu bareng-bareng. Entah Kerja bareng-bareng ataupun cuma ngeliatin yang lagi kerja. Pokoknya sama-sama, udah itu aja.

Untuk pas hari lebaran sendiri, kami biasanya kalo pagi kan puasa dulu yah jadi nggak ada yang sarapan. Beda lah sama lebaran idul fitri makan bareng dulu pagi-pagi. berangkat sholat ied sama-sama ntar pulang sholat makan lagi sama-sama, lah hobby nya pada makan pun,hihihi.
Nggak ada agenda istimewa klo pas lebaran, jadi palingan kita di rumah aja semuanya. Lain lagi kalo dulu-dulu banget pas nenek masih ada, jadi selesai sholat ied atau nggak pas siap sholat dzuhur kami ke rumah nenek di Ampang Kuranji. Bawa rantangan noh ke rumah nenek, nyampe sana makan lagi sama-sama (yah,, makan lagi yah). aku masih inget pernah satu kali lebaran haji, kalo nggak salah lebaran haji terakhir sebelum nenek meninggal deh. Aku makan banyak banget di rumah nenek, sampe 8 potong lauk deh aku makan, ampe perut begah pake banget (dasar rakuuss).

Moment waktu nenek masih ada tuh, setiap kami datang ke rumahnya bawa rantangan pas pulangnya bakal lebh berat tuh rantangan. Bukannya nggak ditinggal sih disana, cuma makanan yang di rumah nenek yang pada di bawa pulang 😂. Ada-ada aja sih kelakuan, tapi itu nenek yang nyuruh kok yah. Rasanya bahagia banget lah masa-masa kala itu, waktu kita masih sama-sama. Sayang banget sekarang semuanya udah nggak lengkap (Nenek sama Papah udah nggak ada 😭 )

Kalo sekarang gimana yah.. nggak ada hal yang pasti dalam hidup aku. Tahun ini nggak banyak prepare buat lebaran. Siang pas H-1 pun aku cuma nyantai-nyantai aja di rumah, ampe sore akhirnya baru ada keputusan mau ngapain. Ibuk bilang bikin soto ajah buat dimakan pas pulang sholat ied. Sore itu ibuk pulang dari pasar beli ayam dll. Semua yang sekiranya perlu aku persiapkan buat besok yah aku siapin semuanya dari sore sampe malam. Mulai dari ngerebus ayam buat kuah soto, ngerendam bihun, nyiapin sambel, seledri, bawang goreng, jeruk nipis, cuka, kecap, goreng kerupuk, semua semuanya deh.
Belum selesai bener ngurusin ibuk sibuk milih-milih baju apa yang mau dipake buat sholat ied besok, nggak cuma ibuk sih kak debby juga remong milih baju yang mau dipake, terus jilbab mana yang cocok. Yaah, aku pun juga ikutan rempong lah milih2 baju mana yang mau aku pake, nyoba ini itu, pas udah fix mana yang mau dipake baru deh di setrika. Baju, jilbab ampe mukenah yang mau dipake besokny disetrika. Padahal badan udah capek banget tuh, tapi apalah daya. Biasanya kan cuma kebagian nyetrika baju yang mau dipake buat sholat ied, kalo sekarang urusan dapur aku yang ambil alih, terus juga prepare baju yang mau dipake.

Nyetrika udah kelar, badan udah lelah bingits. Rencana mau sholat dulu abis tuh langsung tidur, eh kepikira mending soto yang mau dibikin buat besok disiapin dulu dari sekarang biar akunya nggak rempong besok pagi nyiapin. eh, pas lagi nyuci tuh mangkok soto gempa pake datang segala. Astaghfirullah,, bikin berabe aja lah yah. Malam tuh terpaksa deh ngungsi ke rumah yang di air dingin, nginap sono kita nyah. udah rumah air tawar ditinggal dulu. aku sama kak debby duluan pake motor terus yang lain pake mobil, cuuus ngungsi ke lumin.

Badan udah capek abis, malah ada acara pake ngungsi segala. Selamat malam, tidur yang nyenyak.
Pagi-pagi aku udah dibangunin ibuk buat sholat subuh trus siap-siap buat balik ke air tawar. Akunya mandi dulu baru sholat subuh, abis tuh baru cuus lagi deh ke air tawar. Sampe di rumah langsung lagi deh tuh nyiapin mandi iyak, akunya manasin kuah soto, nyiapin soto yang belum jadi disiapin gegara gempa semalem. Yah begitulah, syukur-syukur aku udah mandi duluan pas di air dingin. Selesai semua disiapin baru deh bisa mandi terus siap-siap pergi sholat ied.

Edisi lebaran kali ini kita beda loksi nih sholatnya. Bapak, kak debby, iyak sama zikra sholat di mesjid belakang rumah, aku sama ibuk di kampus bung hatta berhubung ibuk jadi panitia qurban disono, and si abang biasa lah ya jagain rumah takut bingit dibobol maling.
Aku yang beum kelar-kelar bingit siap-siap udah di ributin ibuk buat berangkat sholat ied. Ya bodoh amat lagi bentuk kek mana yang jelas cuus kita berangkat

Sampe di lokasi kebeneran siih masih belum mulai kok sholat iednya. Jamaah yang dateng pun nggak banyak kok, cuma beberapa ajah, pas aku hitung kira-kira 40an deh yang dateng. Kira-kira jam 7.45 WIB baru dimulai sholat iednya disambung sama khotbah sholat ied, selesai kira-kira pukul 8.30 WIB. Selesai sholat jamaah pada bubar pulang ke rumah masing-masing, nah kitany amsih disono kan panitia yah. Duduk-duduk dulu buka puasa di mushola, nah ibuk ngobrol-ngobrol dulu sama khotib nya. Lah aku..? jangan dintanya, melongo ajah atau kalo bosen selfie-an di luar mushola. Hahaha... Miris pemirsah

Kira-kira jam 9.30 acara potong hewan qurbannya dimulai. Ada tiga ekor sapi qurban tahun ini, maklumlah masih perdana edisi kampus III. Biasanya kampus I yang ngadain acara qurban, tapi mulai sekarang Insyaallah kampus III yang ambil alih.
Secepat mungkin acara potong hewan qurbannya diselesain karna keburu buat sholat jum'at, jadi bener-bener dikebut pengerjaannya. Alamdulillah emang sebelum sholat jumat udah kelar semua pengerjaannya, bahkan udah ada sebagian yang dibagiin buat peserta ataupun kupon buat warga sekitarnya.

Selesai sholat ied seluruh panitia sama pekerja qurban makan bersama di kadoska, soalnya udah disiapin makannya disana. Ada soup sama kalio daging qurban yang mantap banget. Kalo masakan tante ita mah nggak perlu di raguin lagi lah, pasti TOP lah. Bener-bener nggak rugi lah yah ngak bisa pulang buat makan soto yang udah cape-cape aku bikin kemarinnya. Semua terbayarkan setelah makan semanngkok gede soup daging qurban yang wokkeh banget.

Udah jam 2 siang semuanya udah kelar, bagi-bagi daging sama makan-makan juga udah saatnya buat go home.

Kira-kira jam setengah 3 udah di rumah, langsung sholat dzuhur dulu karena lupa pas di kampus buat sholat. Selesai sholat langsung deh tuh ngurusin daging yang kita bawa pulang. Waduuh banyak banget, enak siih dapet banyak cuma ngurusinnya tuh loh capek barbie nyah.
Pertama ya dipisahin dulu mana buat di soup, mana buat di rendang, mana buat di oseng-oseng, mana buat dendeng, yah dibagi-bagi dulu lah.
Karena hari udah sore pasti yang lain pada mau makan abis nih, jadinya aku kejarin buat bikin soup yang kayak aku makan di kampus tadi. Ada juga sih mau bikin sate juga, tapi abis dipiki-pikir rempong banget mana aku sendiri yang ngerjain jadi nggak keburu deh.
Aku di dapur dari jam 3 sore sampe jam 9 malam baru deh kelar semua yang aku kerjain, cuapeknya pake banget banget loh yah. Gimana kagak capek coba, biasanya mana ada aku ngurusin begitu. Kalo tahun sebelumnya masih dibantuin ibuk di dapur. Malahan kalo di rumah dulu mamah sama papah doang yang ngerjain. aku mah apa atuuuh yang bisanya tinggal makan doang.

Di rumah tahun ini kayak biasa lah yah semua pada ngumpul disini. Mulai dari tante Mul sekeluarga, Om At sekeluarga dan Om In sekeluarga. Semua ada disini, kebayang dong ramenya dan rempongnya juga buat aku. mereka enak lah bisa ngumpul-ngumpul atau nggak nengokin aku di dapur, nah akunya loooh.. bejibun noh yang aku kerjain di dapur sendiri yang nggak kelar-kelar.
Bahkan tante yen nanyain "Kok Ana nggak keluar-keluar dari dapu sih?" ya elah "Itu juga pertanyaan anan nte. Kok ana nggak keluar-keluar dari ni dapur?"
Bahkan disaat semua orang udah nyobain soup buata aku, aku sendiri belum sempat nyobain karena masih banyak yang mesti aku urusin. Nasiiib ya nasiiib..

Yah aku rasa banyak hal yang berbeda, banyaaaaaaaak banget malahan.
Satu hal yang paling berasa itu aku nggak bisa kumpul bareng-bareng keluarga aku. Berada di Keluarga yang se rame in pun nggak bikin aku berada dalam kondisi "I'm in" (Bahasa gue ini mah), tetap aja aku sepi dikeramaian.
Aku yang nggak bisa entah nggak mau pulang, bikin aku nggak bisa kumpul sama keluarga aku. Cuma yang jadi pertanyaan aku kalo sekarang aku pulang dan lebaran di rumah apa yah aku bahagia kayak dulu ? kok aku nggak yakin yah. Situasi sekarang udah nggak kayak dulu lagi, kalaupun aku pulang semua udah nggak komplit lagi. Papah udah nggak ada, abang udah sama keluarganya sendiri, tinggal mamah sama adek aku aja yang di rumah. Berarti kalo aku nggak pulang aku malah bikin sedih mamah sama adek aku yah ? iya siiih.. aku egois banget soal itu. Tapi aku punya alasan sendiri untuk itu. Aku cuma bisa berharap itu untu terakhir kalinya ajah, semoga tahun depan aku bisa  sama-sama mereka lagi walaupun kita udah nggak lengkap.

Dimanapun berada, dengan siapapun aku bersama yang terpenting aku tetap jalani dengan setulus hati. Walaupun nggak selalu yang dijalani seperti yang diingini.
Ini edisi Lebaranku,, mana edisi Lebaranmu..??? 🙆

Komentar

Postingan Populer